Safelink

7 Hosting Terbaik di Indonesia 2021 (Kecepatan Teruji!)

 

Apakah yang terbayang di benak Anda ketika mendengar nama ‘Indonesia’?

 

Kaya sumber daya alam.

 

Tempat-tempat wisata yang cantik-cantik.

 

Penduduk lokal yang ramah-ramah.

 

Kalau web hosting?


Apakah Web Hosting Anda Cukup Cepat?

 

Memang wajar sih kalau masyarakat Indonesia ingin memberikan dukungan bagi produk-produk asli buatan Indonesia. Namun, kita harus menghadapi kenyataan bahwa web hosting Indonesia tidak cukup cepat dibandingkan beberapa web hosting dari mancanegara. Sedangkan kami di Bitcatcha, kecepatan adalah topik utama yang selalu menjadi perhatian kami.

 

Kita hidup di sebuah masa di mana masyarakat dapat mengakses segala jenis informasi dalam sekejap mata, dan mereka terbiasa dengan kecepatan. Oleh karena itu, server website sebaiknya berkecepatan tinggi sehingga pemuatan situs web dan kinerja lainnya dapat dilakukan dalam waktu singkat.

 

Bila waktu pemuatan terlalu lama, maka pengguna akan jemu menunggu dan mereka akan meninggalkan website. Para pengguna akan mencari website lain yang dapat diakses dengan lebih cepat.

 

Kecepatan server host tergantung dari beberapa faktor, tetapi satu faktor yang terpenting adalah seberapa dekat lokasi pusat data host dari Indonesia.

 

Web hosting made in Indonesia mempunyai pusat data di Indonesia, itu tidak aneh. Namun web hosting mancanegara yang memiliki pusat data di Indonesia, ini baru breaking news.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Mampukah Web Hosting Anda Menumbuhkan Bisnis?

 

Banyak bidang usaha dan pelaku usaha di Indonesia yang mulai fokus ke dunia digital sejak beberapa tahun lalu. Mereka yang cepat merespon perubahan tersebut, saat ini mungkin tengah menikmati hasilnya.

 

Akan tetapi, mereka yang sedikit terlambat memulai migrasi ke zona digital juga tidak perlu berkecil hati. Tetap ada peluang untuk mengembangkan bisnis melalui internet, apalagi di tengah merebaknya wabah COVID-19 yang belum jelas kapan akan berakhir. Syaratnya adalah, kita harus cermat memilih rekanan yang berkompeten di bidang itu.

 

Web hosting adalah rekan terpercaya Anda untuk mengembangkan bisnis, bila mampu mengatasi hal-hal seperti berikut ini:

 

  • Dapat menangani kenaikan trafik yang tak terduga di website Anda.
  • Memudahkan rencana Anda bila ingin mengganti paket berlangganan.
  • Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi pihak ketiga di situs Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Apakah Web Hosting Menawarkan Kemudahan Untuk Pelanggan?

 

Mereka yang lahir dan besar di Indonesia pasti sudah paham mengenai sifat dan kebiasaan orang Indonesia. Semua user internet di negara-negara lain memang sama-sama menginginkan kecepatan tinggi dalam hal mengakses sebuah website. Namun, menurut pengamatan kami konsumen di Indonesia mempunyai karakter khusus.

 

Karakter konsumen Indonesia yang cenderung impulsif dan suka ikut-ikutan disebabkan oleh pola pikir orang Indonesia yang sederhana. Mereka adaptif dengan teknologi, dan akan lebih tertarik dengan layanan yang memberikan berbagai kemudahan, terutama dalam hal metode pembayaran yang disediakan web hosting untuk mulai berlangganan paket yang ditawarkan.

 

Penyedia layanan web hosting sebaiknya menawarkan metode pembayaran yang populer di kalangan konsumen Indonesia, seperti i-banking bank-bank lokal. Memiliki kartu kredit adalah sesuatu yang cukup langka di kalangan masyarakat Indonesia, karena beberapa bank cukup ketat dalam hal meloloskan aplikasi kartu kredit. Web hosting yang hanya menyediakan metode pembayaran kartu kredit sangat mungkin tidak diminati konsumen Indonesia.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Dapatkah Web Hosting Anda Melindungi Data?

 

Peraturan pemerintah mengenai perlindungan data konsumen mewajibkan para pemilik situs web mencari rekanan web hoster yang dapat dipercaya, karena melindungi data konsumen sama artinya dengan melindungi bisnis mereka dari ancaman kriminalitas di dunia maya.

 

Sebetulnya tidak sulit mencari dan menentukan mana web hosting yang dapat diandalkan dan terpercaya. Walaupun lokasi server fisik sebuah web hosting berada di luar negeri, hal ini bukan berarti data-data pribadi dan website Anda akan rentan dalam hal keamanan.

 

Menurut kriteria kami, sebuah web hoster yang baik akan menawarkan hal-hal berikut untuk melindungi keamanan data pelanggan:

 

  • Sistem keamanan server yang diperkuat dengan firewall dan sistem pertahanan brute-force.
  • Sistem monitoring untuk menelusuri atau mendeteksi upaya peretasan atas situs web pengguna, sekaligus bereaksi bila terjadi serangan.
  • Sertifikat SSL untuk memastikan semua data yang dikirimkan di form web terenkripsi.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Seperti Apakah Web Hosting Terbaik Indonesia Versi Kami?

 

Dengan banyaknya pilihan web hosting yang mengklaim masing-masing sebagai terbaik, termurah, terpercaya, dst., wajar jika Anda jadi ragu-ragu memutuskan pilihan Anda. “Bagaimana kalau pilihan saya keliru?”

 

Bitcatcha hadir sebagai rekan terpercaya para pembaca kami untuk membantu mana web hosting yang terbaik. Berikut adalah sejumlah poin yang kami garis bawahi pada saat menentukan pemilihan web hosting terbaik Indonesia:

 

1. Kecepatan

 

Sebuah web hosting yang bonafid sebaiknya menawarkan kecepatan yang baik dan uptime sampai dengan 99,9%. Kami sudah melakukan pengujian mengenai poin ini menggunakan situs percobaan dan dengan bantuan uptimerobot.com.

 

Hasil uji kecepatan yang kami lakukan atas inisiatif sendiri berikut ini dilakukan dengan bantuan penguji kecepatan (speed checker) yang ada di situs kami, dengan mengutamakan prinsip obyektivitas. Kami merancang fitur ini untuk membantu pengguna internet menguji kecepatan server mereka. Semua pengguna internet dapat memanfaatkannya untuk mengetahui seberapa cepat situs Anda merespon pemanggilan dari berbagai negara yang berbeda.

 

Sebagai pembanding, kami akan mengacu pada kecepatan yang direkomendasikan Google, yaitu 200 md.

 

2. Layanan

 

Web hosting yang profesional harus menyediakan layanan pelanggan yang dapat dijangkau melalui live chat, e-mail, dan telepon, serta merespon semua pertanyaan dan keluhan secara cepat dan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

 

3. Kemudahan & penggunaan

 

Menurut kami, sebuah web hosting sebaiknya menyediakan antarmuka pengguna (UI) yang sederhana dan mudah dipahami, agar pengguna tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengatur laman web dan dapat segera memanfaatkan situs web untuk mengembangkan bisnis.

 

4. Menepati janji

 

Dewasa ini, tidak sedikit web hosting yang menawarkan paket “unlimited” dan harga paket yang sangat murah. Kami sudah cukup lama melakukan pemantauan terhadap banyak web hosting dari seluruh penjuru dunia, dan biasanya web hosting yang memberikan janji muluk-muluk cenderung mencurigakan.

 

Untuk membuktikan asumsi ini, kami melakukan uji coba situs yang dilakukan secara menyeluruh, termasuk pada semua web hosting yang kami sebutkan di artikel ini. Pada masing-masing uji coba situs kami bertindak sebagai pengguna, dan dari sinilah kami memperoleh pengalaman yang akan kami jabarkan secara detil berikut ini.

 

 

7 Web Hosting Terbaik Di Indonesia 2021

 

Semua web hosting yang kami uji rata-rata cukup bagus, dan Anda dapat menggunakan salah satu dari tujuh web hosting berikut ini. Akan tetapi, manakah dari ke-7 web hosting berikut yang TERBAIK dan cocok untuk bisnis yang sedang Anda bangun?

 

Mari kita simak.

 

Catatan

  1. Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.
  2. Harga tersebut didasarkan pada langganan 12-bulan. Harga bisa menjadi lebih murah ketika Anda berlangganan dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

Kecepatan Server

A+

Uptime

100%

Harga (IDR)

Rp 53.125 /bln

Fitur Utama

  • Ruang unlimited
  • Bandwidth unlimited
  • Domain gratis
  • SSL gratis
  • Imunify360

“Aman & cepat, mitra terpercaya untuk pebisnis yang ingin memperluas jaringan.”

 

Kami sudah menguji kecepatan Niagahoster, bahkan kami juga sudah meng-hosting website kami dengan penyedia layanan itu yang mempunyai server fisik berlokasi di Indonesia.

 

Hasil pengujian yang dilakukan di pemerika kecepatan server kami menunjukkan, kecepatan rata-rata Niagahoster secara global adalah 174 md dan 32 md bila diakses dari negara-negara Asia dan Oseania.

 

AS (B)AS (T)LondonSingapuraSao Paulo
194 md238 md190 md16 md355 md
BangaloreSydneyJepangKanadaJerman
74 md146 md85 md231 md211 md
Peringkat A+; Rata-rata kecepatan: 174 md
Lihat hasil lengkap

 

Kecepatan Niagahoster cukup baik bila diakses dari lokasi yang cukup jauh, misalnya Amerika Serikat (216 md) dan Sao Paolo (355 md). Dari hasil pemantauan kami, Niagahoster juga mempunyai keistimewaan dalam hal live chat yang responsif dan pilihan metode pembayaran yang cukup lengkap.

 

Niagahoster telah dilengkapi dengan Imunify360 yang akan membuat website Anda kebal terhadap serangan-serangan siber yang tak diundang.

 

Niagahoster juga mempunyai cPanel yang lengkap, di mana pengguna dapat mengonfigurasi hosting web mereka sesuai kebutuhan. Laman cPanel mereka juga simple, sehingga cocok untuk pengguna yang masih pemula.

 

Mereka juga menyediakan SEO Tools yang unik dan tidak dimiliki web hosting mana pun, sesuai untuk Anda yang ingin menaikkan peringkat website di laman pencarian Google dengan mengoptimalkan kata kunci tertentu.

 

Sekarang, mari kita lihat paket-paket yang mereka tawarkan. Ada 4 paket yang mereka tawarkan:

 

paket dan harga niagahoster

 

Dari ke-empat paket ini, paket Personal adalah yang paling banyak diminati pengguna Indonesia. Pada saat kami menulis artikel ini, mereka sedang menawarkan diskon sebesar 75% untuk paket tersebut!

 

Semua keistimewaan Niagahoster ini membuat kami tak ragu untuk memberikan rating A+. Ini tidaklah berlebihan karena lewat pengujian kami, kami tahu uptime mereka adalah 100%. Kisaran ini termasuk sangat baik di antara web hoster lain yang ada di Indonesia.

 

Dengan dukungan live chat cekatan dan garansi uang kembali selama 30 hari, sangat kecil kemungkinan Niagahoster akan mengecewakan Anda.

 

Ada kekurangan untuk Niagahoster?

 

Semua paket yang ditawarkan Niagahoster adalah untuk berlangganan selama minimal 1 tahun dan tidak ada paket untuk berlangganan dalam hitungan bulan.

 

Menurut kami, Niagahoster sebaiknya digunakan oleh pemilik situs web yang serius dengan bisnisnya dan sudah tidak dalam masa coba-coba.

 

Lihat lebih lanjut tentang Niagahoster!

 

 

 

Kecepatan Server

A+

Uptime

99.9%

Harga (IDR)

Rp 40.975 /bln

Fitur Utama

  • SSD 20GB
  • Bandwidth unlimited
  • Domain gratis
  • SSL gratis
  • hPanel

“Host web yang luar biasa, bagus untuk wirausahawan baru. Rasio nilainya fantastis!”

 

Berdasarkan hasil riset kecil kami, Hostinger mempunyai server fisik yang berlokasi di Singapura.

 

Kecepatan rata-rata penyedia layanan web hosting ini secara global adalah sedikit di bawah Niagahoster, yaitu 177,8 md. Namun, kecepatan pengaksesan Hostinger dari negara-negara Asia dan Oseania lebih tinggi, yaitu 28 md.

 

AS (B)AS (T)LondonSingapuraSao Paulo
183 md249 md246 md3 md346 md
BangaloreSydneyJepangKanadaJerman
64 md134 md79 md233 md241 md
Peringkat A+; Rata-rata kecepatan: 177,8 md
Lihat hasil lengkap

 

Hostinger cukup cepat bila diakses dari negara-negara di luar kawasan Asia. Mereka mempunyai kecepatan yang sama dengan Niagahoster bila diakses dari Sao Paolo (346 md), dan berkecepatan 246 md bila diakses dari London. Hostinger saat ini mempunyai 6 pusat data di seluruh dunia, tersebar di AS, Belanda, Singapura, Brasil, UE, Indonesia, dan negara asal mereka di Lithuania.

 

Hostinger mempunyai tim bantuan yang sangat cakap dan menawarkan metode pembayaran yang populer di kalangan pengguna Indonesia. Hal ini adalah sebuah nilai lebih, mengingat posisi mereka sebagai web hosting yang berasal dari luar Indonesia.

 

Dalam hal teknis, mereka menawarkan dasbor yang sangat ramah pengguna, termasuk buat mereka yang masih awam di dunia web hosting. Hostinger juga menggratiskan domain dan menawarkan kapasitas SSD yang tanpa batas.

 

Dengan paket Hostinger Premium, situs web Anda akan terhindar dari masalah downtime di saat beberapa puluh orang pengunjung mengakses situs web Anda secara bersamaan.

 

paket dan harga hostinger

 

Sedangkan paket-paket web hosting yang mereka tawarkan adalah Web Hosting Single (Rp 8,739/bulan), Web Hosting Premium (Rp 23.489/bulan), dan Web Hosting Bisnis (Rp 37.695/bulan).

 

Paket Web Hosting Bisnis adalah paket yang paling diminati oleh para pengguna di Indonesia (setidaknya menurut mereka), dan pada saat kami menulis artikel ini harga-harga tersebut sudah termasuk diskon yang menggiurkan (diskon 90% untuk Web Hosting Single, 82% untuk Web Hosting Premium, dan 70% untuk Web Hosting Bisnis).

 

Ada kekurangan untuk Hostinger?

 

Kami memberikan rating A+ untuk Hostinger, tetapi itu bukan berarti penyedia layanan web hosting ini tidak mempunyai kekurangan.

 

Paket-paket harga yang ditawarkan Hostinger memang terlihat murah, dan akan benar-benar murah bila Anda memilih paket 3 tahun.

 

Selain itu, fitur backup harian dan mingguan hanya disediakan untuk Paket Web Hosting Bisnis yang lebih mahal daripada dua paket lainnya.

 

Lihat lebih lanjut tentang Hostinger!

 

 

 

Kecepatan Server

A+

Uptime

100%

Harga (IDR)

Rp 390.544 /bln

Fitur Utama

  • Google Cloud
  • SSD 10 GB
  • Backup harian
  • SSL & CDN gratis
  • Dukungan 24/7

“Didukung oleh arsitektur Google Cloud, Kinsta menawarkan uptime, skalabilitas, kecepatan, dan layanan dukungan yang mengesankan.”

 

Berikutnya adalah Kinsta – host WordPress terkelola premium yang dibentuk pada tahun 2013 oleh tim pakar pemuja WordPress. Hasilnya adalah host memiliki pengetahuan sangat mendalam mengenai WordPress!

 

Untuk memahami dengan tepat seberapa cepat Kinsta, kami menyiapkan 2 situs pengujian dan memasukkannya ke dalam alat uji kecepatan Bitcatcha kami. Kinsta mencetak peringkat A+ yang mengesankan untuk keduanya!

 

Dan meskipun situs pengujian kami dihosting dari pusat data Iowa, kecepatan rata-rata Asia mereka adalah 182,7 md – sama sekali tidak buruk. Bayangkan betapa lebih cepatnya hal itu jika Anda dihosting dari salah satu pusat data Kinsta di Asia.

 

AS (B)AS (T)LondonSingapuraSao Paulo
41 md29 md100 md190 md139 md
BangaloreSydneyJepangKanadaJerman
233 md172 md125 md30 md111 md
Peringkat A+; Rata-rata kecepatan: 117 md
Lihat hasil lengkap

 

Kami terkesan dengan angka-angka ini, tetapi tidak terkejut! Bagaimanapun juga, kekuatan terbesar Kinsta adalah bahwa mereka didukung oleh Google Cloud Premium yang memungkinkan semua pengguna mendapatkan tingkat kinerja, kecepatan, dan keamanan tertinggi.

 

Berkat jaringan luas Google, pengguna Kinsta dapat memilih untuk menghosting situs mereka pada 1 dari 24 pusat data di seluruh dunia. Jika target pengguna Anda berada di Indonesia, sebaiknya hosting situs Anda dari pusat data Kinsta Singapura untuk menjaga latensi tetap rendah dan dapat menikmati kecepatan terbaik.

 

Apa lagi yang hebat tentang arsitektur cloud Kinsta? Mereka sangat fleksibel dan dapat diskalakan. Jika situs Anda tiba-tiba mendapat lonjakan lalu lintas Kinsta dapat meningkatkan sumber dayanya untuk mengakomodasi itu. Anda dapat tenang dan yakin bahwa situs Anda akan tetap online, apapun yang terjadi. Situs pengujian kami mendaftarkan uptime 100% sejak Desember 2018, yang mengungguli jaminan uptime 99,9% yang didukung SLA.

 

Kinsta juga memungkinkan Anda meningkatkan paket Anda dengan mudah jika Anda membutuhkan lebih banyak bandwidth. Semua ini membuat Kinsta ideal untuk situs berbasis WordPress yang lebih besar atau berkembang pesat.

 

Ada kekurangan untuk Kinsta?

 

Kinsta jelas memiliki beberapa kelebihan yang keren, tetapi tidak ada host yang sempurna.

 

Karena Kinsta adalah solusi hosting WordPress premium, Anda harus membayar harga yang lebih tinggi. Dengan harga yang dimulai dari Rp 418,44 /bln, Kinsta lebih mahal dari rata-rata pasaran. Kinsta juga tidak menyertakan hosting email.

 

Selain itu, Kinsta saat ini tidak menawarkan dukungan layanan melalui telepon untuk pelanggan, juga tidak menawarkan dukungan dalam Bahasa Indonesia. Kami tidak menganggap ini masalah besar, tetapi beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menelepon dan berbicara dengan seseorang secara langsung daripada mengetik pertanyaan mereka ke dalam kotak obrolan.

 

Terakhir, ingatlah bahwa, meskipun sangat baik, Kinsta hanya dapat menghosting situs WordPress. Jika Anda ingin membangun situs web di luar WordPress, Kinsta mungkin bukan host yang tepat untuk Anda.

 

Lihat lebih lanjut tentang Kinsta!

 

 

 

Kecepatan Server

A

Uptime

99,82%

Harga (IDR)

Rp 39.900 /bln

Fitur Utama

  • Ruang unlimited
  • Bandwidth unlimited
  • Domain gratis
  • SSL gratis
  • Weebly Sitebuilder

“Biaya web hosting terjangkau dengan layanan 24/7.”

 

Rumahweb adalah penyedia layanan web hosting lokal yang mempunyai server fisik yang berlokasi di Indonesia.

 

Berdasarkan laporan hasil pemeriksa kecepatan server Bitcatcha, Rumahweb mempunyai kecepatan yang jauh di bawah tiga web hosting sebelumnya. Kecepatan rata-rata global mereka adalah 196 md, sedangkan kecepatan pengaksesan dari negara-negara Asia dan Oseania adalah 55,2 md.

 

AS (B)AS (T)LondonSingapuraSao Paulo
192 md251 md178 md24 md360 md
BangaloreSydneyJepangKanadaJerman
280 md158 md90 md247 md180 md
Peringkat A; Rata-rata kecepatan: 196 md
Lihat hasil lengkap

 

Rumahweb berlokasi di Jogjakarta dan mereka telah beroperasi sejak tahun 2002. Pada saat memulai layanan web hosting, Rumahweb hanya mempunyai 1 server. Saat ini mereka sudah mempunyai 30 server yang berlokasi di Indonesia, Amerika Serikat, dan Singapura.

 

Sebuah review dari sumber lokal menyebutkan, Rumahweb adalah penyedia web hosting dengan jumlah pengguna terbanyak tahun 2019.

 

paket dan harga rumahweb

 

Rumahweb menawarkan beberapa paket dengan harga yang cukup bersaing. Salah satu paket yang menjadi perhatian kami adalah Paket Grow dengan biaya Rp 39.900/bulan. Dengan membayar biaya paket tersebut, Anda akan mendapat fasilitas ruang, bandwith, e-mail dan add-on domain yang tak terbatas serta SSL gratis!

 

Metode pembayaran yang mereka tawarkan cukup memudahkan pengguna. Selain metode pembayaran berkelas global seperti Visa/Mastercard dan PayPal, mereka juga menerima pembayaran lewat virtual account, transfer antar bank, bahkan GoPay dan OVO.

 

Bila demikian, apakah Rumahweb recommended?

 

Rumahweb mempunyai tim bantuan yang selalu sigap menjawab semua pertanyaan klien mereka, sesuai janji mereka untuk siaga 24/7/365.

 

Bila Anda adalah pengguna web hosting lain sebelumnya dan ingin beralih menggunakan Rumahweb, mereka akan membebaskan biaya migrasi hosting dan gratis hosting plus diskon domain 50% pada bulan pertama!

 

Ada kekurangan untuk Rumahweb?

 

Masalahnya, rata-rata uptime mereka kurang baik, yaitu 99,82%. Menurut hasil pengujian kami, waktu response server Rumahweb menjadi lamban pada saat menerima kunjungan 30 user lebih secara bersamaan.

 

Satu lagi yang cukup mengecewakan adalah tidak ada garansi uang kembali pembelian hosting.

 

Lihat lebih lanjut tentang Rumahweb!

 

 

 

Kecepatan Server

A

Uptime

97,6%

Harga (IDR)

Rp 30.000 /bln

Fitur Utama

  • Ruang 500GB
  • Bandwidth 600GB
  • SSL gratis
  • Backup harian
  • 100-hari uang kembali

“Perintis di dunia web hosting yang cukup populer.”

 

Kami di Bitcatcha juga meluangkan waktu untuk menguji beberapa web hosting lokal Indonesia, dan salah satunya adalah menjajal Exabytes sebagai web hosting situs kami.

 

Menurut hasil laporan pemeriksa kecepatan server kami, kecepatan Exabytes secara global sedikit di atas Rumahweb, yaitu 183,3 md, sedangkan kecepatan pengaksesan rata-rata dari negara-negara Asia dan Oseania adalah 36 md.

 

AS (B)AS (T)LondonSingapuraSao Paulo
210 md255 md185 md14 md369 md
BangaloreSydneyJepangKanadaJerman
76 md190 md81 md276 md177 md
Peringkat A; Rata-rata kecepatan: 183,3 md
Lihat hasil lengkap

 

Dari hasil penelusuran kami, Exabytes adalah sebuah perusahaan hosting yang awalnya berdiri di Malaysia sejak 2001 dan saat ini telah mempunyai pusat data yang berlokasi di AS, Singapura, Malaysia dan Indonesia.

 

Dalam situs resmi mereka tertulis bahwa mereka mempunyai 100 ribu pelanggan dari 121 negara dengan 100 ribu lebih situs web dan 1 juta lebih akun email.

 

paket dan harga exabytes

 

Dari tiga paket yang mereka tawarkan, paket yang kami uji adalah paket Ebiz Gold dengan harga sebesar Rp 30.000/bulan. Dengan paket tersebut Anda akan mendapatkan gratis biaya domain, kapasitas penyimpanan 500GB, data transfer sebesar 500GB per bulan, gratis back up harian yang akan disimpan selama 14 hari, dan kemampuan menghosting 50 website.

 

Sama seperti Rumahweb, Exabytes juga menyediakan berbagai metode pembayaran yang mudah digunakan para pengguna di Indonesia.

 

Exabytes menawarakan beberapa program kerja sama, misalnya Program Afiliasi, Program Blogger Plus, Program Partnership, dan yang menarik adalah program EasyStore. Program ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang baru mulai membuka toko online untuk pertama kalinya.

 

Sebelum membeli paket ini, pelanggan bisa mencoba gratis selama 14 hari dan bila tidak tertarik bisa membatalkannya kapan saja.

 

Ada kekurangan untuk Exabytes?

 

Dengan semua kelebihan ini, Exabytes mempunyai beberapa kekurangan yang fatal. Pertama, uptime mereka kurang baik. Ini sangat tidak menguntungkan bagi pemilik website yang baru memulai bisnis dan ingin menarik sebanyak mungkin pengunjung.

 

Selain itu, tim bantuan Exabyte kurang cekatan dan cukup lambat merespon email. Namun, kekurangan-kekurangan ini diimbangi dengan penawaran menarik seperti garansi uang kembali sampai 100 hari.

 

Lihat lebih lanjut tentang Exabytes!

 

 

 

Kecepatan Server

A

Uptime

100%

Harga (IDR)

Rp 49.900 /bln

Fitur Utama

  • Ruang 5GB
  • Bandwidth tak ukur
  • Domain gratis
  • SSL gratis
  • SEO Audit

“Dukungan SEO Audit untuk tingkatkan peringkat website Anda.”

 

Setelah kami telusuri secara mendalam, ternyata cukup banyak juga penyedia layanan web hosting di Indonesia dengan server fisik yang berlokasi di Indonesia. IDwebhost adalah termasuk di antaranya.

 

Bitcatcha sudah menguji kecepatan server mereka, dan hasil lengkapnya bisa dilihat di sini. Ternyata IDwebhost mempunyai kecepatan rata-rata global yang jauh di bawah penyedia web hosting lainnya dalam artikel ini, yaitu 197,3 md dan 55,2 md untuk kecepatan rata-rata Asia dan Oseania.

 

AS (B)AS (T)LondonSingapuraSao Paulo
184 md247 md172 md19 md376 md
BangaloreSydneyJepangKanadaJerman
166 md318 md82 md245 md164 md
Peringkat A; Rata-rata kecepatan: 197,3 md
Lihat hasil lengkap

 

Dalam situs resminya, IDwebhost mendeskripsikan mereka sebagai penyedia layanan web hosting dengan 75 ribu pelanggan dengan dukungan 100 shared server di Jogjakarta, Jakarta, dan Amerika Serikat.

 

Pada saat artikel ini ditulis, Paket Awesome adalah paket terlaris mereka dengan harga Rp 25.900/bulan, atau hanya Rp 863 per hari.

 

paket dan harga idwebhost

 

Dengan paket tersebut, pengguna akan mendapat ruang penyimpanan sebesar 5GB, gratis domain seumur hidup ditambah satu domain tambahan, bandwith, database, dan email yang unlimited.

 

Mereka menawarkan SSL dan perkakas manajemen hosting lengkap yang bisa digunakan tanpa biaya. Selain itu, tidak ada biaya yang dikenakan untuk migrasi web hosting.

 

IDwebhost menyediakan metode pembayaran yang kurang lebih sama dengan Rumahweb dan Exabytes, minus dompet elektronik lokal GoPay dan OVO.

 

Pelanggan yang ingin meningkatkan peringkat pencarian di halaman pertama Google bisa memanfaatkan fitur SEO Audit yang ditawarkan IDwebhost untuk semua paket, termasuk paket yang termurah sekalipun.

 

Mereka juga mengklaim bahwa website mereka dapat diakses 40 kali lebih cepat dan load time yang sudah teruji. Tersedia juga layanan VPS Cloud yang (menurut mereka) adalah termurah di Indonesia. Masalahnya, murah belum tentu berkualitas, bukan?

 

Setiap pertanyaan di live chat atau melalui email akan dijawab paling lambat dalam waktu lima menit. Sayangnya, jawaban-jawaban dari tim bantuan kurang menunjukkan itikad baik mereka untuk membantu. Sebabnya, mereka hanya memberikan tautan atau link ke panduan teknis di blog untuk pertanyaan-pertanyaan sederhana seputar masalah teknis.

 

Ada kekurangan untuk IDwebhost?

 

Pengguna juga harus berlangganan paket yang lebih mahal harganya (Paket Corporate) bila ingin menggunakan fasilitas backup harian dan mingguan sekaligus, karena dengan Paket Awesome Anda hanya akan mendapat fasilitas auto backup mingguan.

 

Lihat lebih lanjut tentang IDwebhost!

 

 

 

Kecepatan Server

A

Uptime

100%

Harga (IDR)

Rp 33.000 /bln

Fitur Utama

  • SSD 2GB
  • Bandwidth unlimited
  • Domain gratis
  • SSL gratis
  • Harga terendah

“Berbagai pilihan paket hosting dengan cara pembayaran tanpa ribet.”

 

Penyedia layanan web hosting terakhir dalam daftar kami adalah Domainesia, yang juga telah menjalani pengujian kecepatan server dari Bitcatcha dengan hasil lengkap berikut ini.

 

Domainesia juga mempunyai server fisik yang berlokasi di Indonesia, dan kecepatan rata-rata global mereka adalah lebih baik daripada web hosting lokal lainnya, yaitu 180,8 md. Sedangkan kecepatan rata-rata bila diakses dari negara-negara Asia dan Oseania adalah 35,3 md.

 

AS (B)AS (T)LondonSingapuraSao Paulo
195 md287 md181 md14 md350 md
BangaloreSydneyJepangKanadaJerman
70 md182 md87 md262 md180 md
Peringkat A; Rata-rata kecepatan: 180,8 md
Lihat hasil lengkap

 

Menurut informasi yang kami dapat dari laman situs resmi mereka, Domainesia berkantor pusat di Jogjakarta dan mempunyai pusat data di Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Indonesia.

 

Mereka sudah beroperasi sejak 2009, dan mengklaim sudah mempunyai 95 ribu pelanggan baik dari Indonesia dan mancanegara.

 

paket dan harga domainesia

 

Kami mencoba salah satu paket mereka yang terlaris dan direkomendasikan, yaitu Paket Super. Dengan berlangganan paket ini, Anda akan mendapat fasilitas gratis domain, akses SSH, serta bandwith, website dan email yang tidak terbatas. Semua paket akan mendapatkan fitur Performance & Security yang sama, meskipun Anda berlangganan paket yang paling murah.

 

Pelanggan yang masih awam dengan dunia web hosting tidak akan kebingungan, karena Domainesia menyediakan pusat informasi yang sangat lengkap di situsnya.

 

Tim bantuan mereka juga sangat sigap dan akan menanggapi semua pertanyaan dalam waktu kurang dari 5 menit, walaupun informasi yang mereka berikan sebatas copas dari panduan pelanggan yang sebenarnya dapat kita baca sendiri tanpa perlu meminta bantuan mereka.

 

Fitur backup mingguan dan bulanan gratis sebenarnya bukan breaking news, karena kami lihat kebanyakan web hoster lokal menyediakan layanan ini. Domainesia adalah salah satu dari sedikit web hoster yang menyediakan fitur backup harian, dan fitur ini juga bisa dinikmati pelanggan paket yang lebih murah dari Paket Super.

 

Sayangnya, garansi yang mereka tawarkan sangat singkat, tersingkat dari web hoster lainnya, yaitu hanya 10 hari.

 

Ada kekurangan untuk DomaiNesia?

 

Kami melihat, Domainesia menyatakan pihak mereka sudah menggunakan SSD dengan performa tinggi dalam infrastruktur cloud. Tetapi pada kenyataannya, hosting yang sudah menggunakan SSD seharusnya mempunyai kecepatan yang lebih tinggi daripada web hoster dengan hardisk biasa.

 

Berita baiknya, Domainesia menawarkan metode pembayaran yang lebih bervariasi dan populer di kalangan pengguna Indonesia, yaitu melalui bank lokal, dan tersedia juga pembayaran dengan kartu kredit dan PayPal.

 

Lihat lebih lanjut tentang DomaiNesia!

 

 

 

Konklusi: Manakah Web Hosting Terbaik Di Indonesia?

 

Masih bingung menentukan mana web hosting yang terbaik untuk Anda?

 

KECEPATAN

UPTIME

HARGA/BLN

Niagahoster

A+

100%

Rp 53.125

Hostinger

A+

100%

Rp 40.975

Kinsta

A+

100%

Rp 390.544

 

Anda akan menemukan jawabannya bila sudah mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi prioritas pada saat mulai bermigrasi ke wilyah digital.

 

Misalnya, bila Anda bergerak di bidang usaha toko online, hal yang sebaiknya dinomorsatukan adalah masalah keamanan. Para pembeli tentu akan menjauhi toko online Anda bila banyak yang mengeluhkan terjadi pengurangan saldo akun tanpa alasan jelas.

 

Tetapi bila Anda bergerak di bidang media, kecepatan sebaiknya diprioritaskan karena para pembaca mempunyai kebiasaan ingin menjadi yang pertama kali mengetahui berita besar yang Anda muat di situs web Anda.

 

Kami merekomendasikan Niagahoster sebagai penyedia layanan web hosting terbaik untuk situs-situs web di Indonesia, karena kami sudah mencoba meng-host situs kami di sana dan kami sangat puas dengan hasilnya. Niagahoster menawarkan layanan web hosting yang cepat dan dengan harga yang terjangkau untuk kantong orang Indonesia pada umumnya.


 

Kami harap Anda tidak lekas terlena dengan penawaran paket dengan harga murah, karena murah belum tentu bagus kualitasnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "7 Hosting Terbaik di Indonesia 2021 (Kecepatan Teruji!)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×